Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

7 Contoh Peluang Usaha Didesa Modal Kecil Yang Menguntungkan

Contoh peluang usaha di desa untuk Anda yang sedang bingung ingin usaha Apa di kampung, mungkin contoh peluang usaha di desa ini cocok untuk Anda.

Saat musim pandemi seperti ini, kerja keluar kotapun sama saja. Dan bagi mereka yang kerja di rumah pun memiliki keterbatasan dan hasilnya juga kurang mencukupi kebutuhan hidup yang semakin besar.

Semakin banyak pula pengangguran..

..Nah, Apabila Anda memiliki modal untuk membuka usaha. 

"Sebaiknya, Anda mencoba untuk membuka usaha untuk pemasukan Anda di desa.

Meskipun usaha kecil-kecilan, kalau Anda jalani dengan niat serta sungguh-sungguh, maka hasilnya pun dapat mencukupi kebutuhan hidup Anda di kampung.

Anda bisa memilih salah satu contoh peluang usaha di desa berikut ini, pilih yang memang menurut Abda potensial untuk dijalankan di desa Anda. 

contoh peluang usaha di desa


Berikut Ini Contoh Peluang Usaha Di Desa Yang Cukup Potensial dan Menjanjikan

  1. Peluang usaha di bidang kuliner/menjual aneka makanan.
  2. Peluang usaha dibidang peternakan.
  3. Peluang usaha di bidang pertanian
  4. Peluang usaha rumahan membuat kerajinan tangan.
  5. Usaha menawarkan berbagai jasa.
  6. Usaha jasa penyewaan barang.
  7. Bisnis online, baik jualan online maupun mengikuti berbagai even untuk menghasilkan uang.
Tenang saja!

"Saya akan menjelaskan dan memberikan contoh peluang usaha di desa sesuai yang telah saya sebutkan diatas untuk Anda.

...Artikel alan sedikit panjang, namun ini sangat membuka pikiran Anda dan membantu Anda menemukan ide usaha dirumah yang bisa cukup menjanjikan.

Ada banyak jenis peluang usaha yang bisa Anda jalankan dan bisa Anda jadikan usaha di kampung dan mencukupi kebutuhan Anda. Adapun diantaranya sebagai berikut ini:

#. Peluang Usaha dibidang Kuliner Bisa Dalankan Didesa.

Jika Anda punya ketertarikan untuk memulai usaha, peluang usaha dibidang kuliner ini sangat menjanjikan sekali untuk Anda jalankan.

Bila Anda punya keahlian dalam menciptakan berbagai makanan yang menjual, maka tidak ada salahnya untuk dijadikan modal untuk usaha di rumah.

Ada banyak contoh usaha di kampung yang bisa Anda jalankan dibidang kuliner, berikut ini contohnya:

1. Usaha Cemilan Snack Makanan Ringan.


Salah satu model usaha kecil-kecilan yang bisa Anda lakukan dikampung yaitu menjual berbagai aneka makanan ringan. 

Ini bisa Anda mulai dengan modal kecil atau tidak membutuhkan modal yang besar, karena peluang usaha ini tidak membutuhkan tempat atau toko untuk memulainnya. Anda bisa memulainya darirumah Anda.

Jika Anda bisa produksi makanan ringan sendiri, itu lebih baik. Namun, apabila Anda tidak bisa atau belum punya banyak modal untuk memproduksi. Anda bisa bekerjasama dengan ditributor snack makanan ringan yang ada di kota Anda.

Anda bisa membeli snack makanan ringan kiloan dan membungkunsnya kecil-kecil untuk di jual kembali dengan keutungan yang sudah Anda sesuaikan.

" Cara memasarkannya juga tidak ribet, karena Anda bisa memasarkannya ke toko-toko yang ada di kota atau desa Anda tinggal. Ingin tahu lebih banyak tentang cara memasarkan makanan ringan Anda? Silahkan baca artikel tentang cara memulai usaha snack makanan ringan pada artikel kami lainnya.

2. Peluang Usaha Di Desa Jualan Minuman Kekinian


Masih seputar peluang usaha di desa dibidang kuliner atau jualan makanan.

"Anda tahu, minuman apa yang saat ini sedang populer??"

Jika Anda pengguna sosmed, saya rasa Anda tahu berbagai jenis minuman kekinian yang bisa Anda jadikan peluang usaha di kampung.

Ada banyak jenis aneka minuman kekinian yang bisa Anda jadikan modal usaha, namun jika Anda memang punya ide membuat minuman, Maka itu sangat baik lagi, karena itu hasil dari ide Anda sendiri.

Pada intinya, selalu memperhatikan kesehatan atau kebersihan dari minuman yang Akan anda pasarkan.

Anda bisa membuat minuman kekinian dengan kemasan gelas plastik dan memasarkannya dengan sistem titip ke toko-toko klontongan daerah Anda.

"Namun, jika Anda ada modal untuk menyewa ruko..sebaiknya sewa ruko juga, untuk tempat jualan Anda atau membuat kios kecil-kecilan.

Selain minuman kekinian, anda juga bisa menawarkan berbagai jus buah, atau esbuah di kios Anda tersebut. Sehingga semakin banyak pilihan dan varian rasa, ini akan menjadi pemikat para pembeli dan membuat usaha Anda banyak diminati.

3. Usaha Catring Rumahan.


Dari namanya, Anda sudah bisa membayangkan...

Kalau usahanya sudah ramai, pasti hasilnya juga akan lebih besar dari yang di bayangkan, apakah seperti itu??"

"Usaha catring ini salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan memiliki potensi yang cukup besar, hanya saja Anda harus tahu cara memulainya dan cara menjalankan usaha catruing rumahan dengan baik dan benar.

...Modal untuk memulai usaha ini memang tidak sedikit, apalagi kalau Anda belum punya peralatan memasak. 

Namun, jika Anda yakin ini salah satu jenis usaha di desa yang cukup banyak diminati. Tinggal bagaimana Anda memasarkannya saja, dan jenis makanan seperti apa yang alan Anda sajikan.

4. Usaha Warung Kopi Kecil-Kecilan.


Membuka usaha di desa tidak sulit, namun kalau tidak tahu caranya dan bingung ingin usaha apa. Maka, sebuah usah tidak akan Anda mulai karena keterbatasan ide dan kurang yakin.

Warung kopi kecil-kecilan bisa menjadi alternatif untuk Anda, disini kita tidak membutuhkan modal yang besar. Anda bisa memulai usaha ini dengan modal hanya 1 juta saja sudah bisa.

Peluang usaha didesa dengan modal kecil ini juga cukup diminati, karena anak muda jaman sekarang kebanyakan nongkrong. 

"Nah, disitulah peran usaha kita...

...Kita sediakan tempat tongkrongan kecil untuk mereka, ini sangat potensial kalau Anda tahu cara memikat hati anak muda untuk datang ke warung kopi Anda dan meski warungnya jauh dari keramaian pun akan banyak pembelinya.

Buat warung kopi Anda senyaman mungkin untuk para pengunjung, jika memang ada modal. Anda bisa berikan akses wifi gratis untuk para pelanggan Anda.

Itu salah satu cara menarik perhatian pembeli, Anda bisa mengunakan berbagai macam cara lainnya sesuai kebutuhan pelanggan Anda.

5. Usaha Jualan Aneka Jajanan Anak.


Menyediakan jajanan sehat untuk anak-anak, bisa Anda lakukan dengan modal kecil atau seadanya. Anda bisa menjual aneka goreng-goreng dan makanan anak lainnya.

Dalam usaha jajanan Anak, ini tidak membutuhkan kios atau toko khusus. Karena Anda bisa memanfaatkan teras rumah Anda untuk di jadikan kios.

Jika memang rumah Anda atau di lingkungan rumah Anda banyak anak kecil, maka anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari usaha kecil-kecilan di desa.

"Anak-anak itu memang hobinya jajan, apalagi kalau ada jajanan yang unik dan menarik. Meraka akan penasaran dengan jajanan tersebut serta membelinya. Jadi, Anda di haruskan untuk melakukan inovasi buat menarik perhatian mereka".

6. Usaha jualan aneka sayur.


'Sayur mayur, lauk pauk sangat dibutuhkan...

"Melihat peluang tersebut, tentu sayang untuk dilewatkan.

"Jadi, bagi Anda yang merasa bingung ingin usaha apa di kampung.

...Tidak ada salahnya, kalau Anda membuka usaha jualan berbagai jenis sayur mayur dan lauk pauk untuk kebutuhan para ibu di desa Anda.

Anda bisa menjualnya dengan cara berkeliling kampung atau desa Anda, bisa juga membuka kios khusus dirumah dan melakukan pemasarannya secara online dengan menawarkan ke teman dekat Anda. 

"Sehingga, orang beda desa pun akan tahu kalau di rumah Anda tersedia kebutuhan yang mereka butuhkan.

7. Jualan Kueh Kering.


Anda bisa membuat kueh kering, seperti nastar dan aneka kueh kering lainnya??" Maka, tidak ada salahnya untuk membuat aneka kueh kering dan menawarkannya kepada teman atau tetangga Anda.

Bisa juga Anda melakukan pemasaran melalui online, ini bisa menjangkau lebih banyak konsumen tanpa harus ribet keliling menawarkan kueh kering buatan Anda.

Coba saja! karena ini juga termasuk ukm yang sangat menjanjikan untuk dijalankan, hanya butuh keahlian dalam menciptakan kueh kering dengan berbagai rasa. Bukan tidak mungkin ini bisa membuat Anda jadi milyader di desa Anda.

...Masih banyak lagi lainnya yang bisa Anda jadikan peluang usaha di desa, cukup cari tahu kebutuhan apa yang banyak dan paling dibutuhkan oleh orang di desa Anda, maka Anda akan tahu usaha apa yang bisa Anda jalankan di desa Anda tersebut...

# Peluang Usaha Di Desa Bidang Peternakan.

Apakah Anda suka beternak??

Senang memelihara hewan ternak seperti ayam, sapi , kaming dan lainnya??"

Tentu saja! Usaha dibidang peternakan ini sangat cocok untuk Anda jalankan.

"Ya, ketika seseorang mencintai sesuatu..

Maka, mereka tidak akan merasa ada keterpaksaan dalam melakukannya. Dengan begitu, kalau itu untuk usaha, mereka cenderung lebih cepat berhasilnya daripada gagalnya. Pasalnya, apa yang pereka lakukan atas dasar hobi atau hal yang memang mereka senangi.

Berbagai jenis usaha didesa sudah saya bahas diatas terkait kuliner, dan dibawah ini saya akan memberikan contoh usaha didesa dibidang peternakan untuk Anda.

"Ya, jenis usaha ternak yang menguntungkan untuk Anda jalankan atau tekuni...

..Dan berikut ini diantyaranya:

1. Usaha Ternak/Budidaya Lele Kolam Terpal.

Kenapa usaha budidaya lele sangat menjanjikan??" Tentu saja ada alasannya, kalau tidak mana mungkin saya bagikan disini.

Ada banyak sekali keuntungan, kemudahan, keunggulan dalam usaha budidaya lele di desa.'

  • Ikan lele dapat hidup di jenis air apapun atau tahan dengan kondisi air yang keruh sekalipun.
  • Mudah dalam perawatan , pakan dan juga membudidayanya.
  • Bisa dilakukan dengan modal yang tidak begitu besar dan jika Anda punya uang 1 juta atau kurang dari itu, Anda sudah bisa menjalankan usaha ternak lele kecil-kecilan didesa.
  • Ada banyak orang memilih budidaya ikan lele daripada iklan lainya, salah satunya cepat panennya juga. Dan dalam waktu 35 hari lele juga sudah siap konsumsi atau di panen. Namun, semjua itu tergantung pakan yang diberikan, perawatan serta jenis lele yang di budidaya atau di ternak.'
  • Mudah pemasarannya, dan hampir semua orang suka dengan ikan lele. Jadi, Anda bisa menjualnnya ke warga setempat atau menjualnya ke penjual pecel lele, penampung ikan lele dan bisa juga di borong ke orang yang suka memancing.
  • Dan masih banyak lagi kunggulan serta keuntungan usaha bididaya lele yang tidak bisa saya sebutkan semua disini.
Perlu di ingat, selain keuntungan dan kemudahan...

Tentu saja ada kekurangannya, namun saya rasa sangat minim risikonya kalau Anda usaha budidaya lele.

Nah, biar Anda tahu cara budidaya lele yang baik dan benar.

Saran saya, Anda juga membaca artikel kami sebelumnya tentang cara budidaya lele yang baik dan benar.

2. Usaha Jual Beli Hewan Ternak.


Dikampung atau di desa, sebenarnya kita bisa melakukan apa saja.

Mau usaha apapun sebenarnya potensial juga, asal Anda mau melakukannya dan bertindak.

Jika Anda punya modal untuk usaha dibidang ternak, Anda bisa memulai untuk usaha jual beli hewan ternak. 

Seperti ayam, burung kicau, kambing , sapi dan lainnya yang bisa Anda jual.

Anda membeli langsung ke warga atau peternakan, kemudian menjualnya ke pasar dengan menikan harga untuk keuntungan anda.

....Jual beli hewan ternak ini sudah menjadi mata pencaharian orang didesa, sehingga Anda juga bisa melakukan hal yang sama. 

Kalau Anda jeli dan bisa melakukan penawaran saat jual atau beli, maka Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari yang kita kira. Dan terbukti, banyak juga orang sukses di kampung hanya dengan usaha jual beli hewan ternak saja.

"Setiap usaha tentu ada risikonya, dan kekurangan atau kelemahan usaha ini. Bisa saja Anda belum rejeki dan mengalami hewan ternak yang di beli mati atau cacat, sehingga ini bisa menimbulkan kerugian untuk Anda.

3. Usaha Ternak Ayam Daging.

Didesa kita bisa beternak, atau membudidaya hewan ternak dan beda dengan orang yang tinggal di kota atau tempat keramaian.

Jika Anda punya kebun atau lahan di desa, Anda bisa menjadikan lahan tersebut untuk tempat ternak ayam pedaging. 

.."Namun, bagi yang tidak memiliki lahan sendiri. Anda bisa juga menyewa lahan tetangga atau orang lainn untuk dijadikan tempat.

Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan tertentu yang menawarkan usaha ternak ayam tersebut.

"Umumnya, perusahaan yang akan menyediakan bibit dan pakannya.

Jadi, tugas peternak hanya menyediakan kandangnya serta merawat dan memberi pakan untuk ayam tersebut. 

Masalah hasilnya, akan ada kesepakatan nantinya..

Kalau Anda berminat untuk usaha ternak ayam dikampung, sebaiknya minta pendapat, saran dan tips merawat ayam dengan baik dan benar kepada petani ayam yang sudah paham dan sudah memulainya lebih awal dari Anda.

4. Ternak Kambing atau sapi.


Hewan kambing dan sapi ini sudah umum ada di desa, bagi masyarakat desa. Tentunya, sudah tidak asing lagi dengan usaha yag satu ini.

Ini termasuk investasi juga, namun membutuhkan perawatan agar bisa tumbuh dan menjadi lebih mahal harganya.'

Anda bisa membeli hewan ternak kambing atau sapi yang masih anakan atau kecil, kemudian membesarkannya. 

"Ketika sudah besar, baru kita jual...

Apakah bisa dilakukan tanpa modal di awal?? 

Tentu bisa, Anda hanya butuh menyiapkan kandangnya saja dan membesarkannya.

Bagaimana cara beternak tanpa modal.??

Anda bisa menawarkan kerjasama juga. 

"Dalam hitungannya, bagi hasil keuntungan ketika dijual.'

Anda bisa cari tahu lagi yang lainnya, karena memang contoh usaha didesa itu banyak sekali. Anda tinggal sesuaikan saja usaha mana yang Anda rasa cocok untuk dijalankan di desa ANDA.

# Peluang Usaha Didesa Dibidang Pertanian.

Rata-rata, warga masyarakat yang tinggalnya di pedesaan itu umumnya para petani. Sehingga tidak heran kalau Anda tinggal didesa juga jadi petani atau paling tidak usaha dibidang pertanian itu tahu.

Ada berbagai jenis usaha di desa bidang pertanian yang bisa Anda jalankan...

..Jadi, bukan hanya ternak saja.

Berikut ini, kami bagikan beberapa contoh usaha dibidang pertanian yang bisa Anda lakukan. Bisnis di kampung , namun bisa membawa Anda pad puncak kesuksesan.

1. Usaha Jualan Pupuk Tanaman.

Pupuk adalah salah satu kebutuhan pokok bagi para petani, namun keterbatasan pengetahuan dan sulitnya mendapatkan pupuk. Sehingga, mereka sulit mendapatkan hasil panen yang maksimal.

"Oleh karena itu, kita bisa membantu para petani dengan menawarkan pupuk kepada mereka.

...Membantu disini tidak diberikan secara suka rela, namun kita menjualnya dan memberikan edukasi tentang bagaimana merawat tanaman, tumbuhan yang kita tanam supaya hasilnya lebih maksimal.

Sekarang sudah jamannya pupuk organik, jadi tidak ada salahnya Anda juga mengunakannya.

2. Jual Beli Hasil Panen.


Anda yang memiliki modal besar, Anda bisa menjadi pengepul hasil panen para petani di desa Anda.

Hal tersebut membutuhkan pengetahuan serta Anda juga harus tahu kemana Anda harus menjualnya kembali.

"Mulai dari kopi, padi, kapolaga, dan lainnya...

Ini membutuhkan modal yang besar atau tidak sedikit, karena kita harus membeli banyak dan ketika saat musimnya, kita akan kedatangan banyak penjual. Sehingga modal harus Anda siapkan...

Awalnya modal besar, namun ini bisa kembali lebih cepat kalau Anda tahu cara yang baik dan benar menjadi seorang penampung hasil panen.

#Usaha Membuat Kerajinan Tangan.


Para seniman, orang kreatif itu menghasilkan uang ratusan juta bisa dilakukan hanya dari rumah saja. Bagi mereka itu sangat mudah, karena memang apa yang mereka lakukan berdasarkan hobi.

Meski terlihat rumit bagi kita, tapi tidak bagi mereka tangan-tangan kreatif dengan berjuta ide cemerlang.''

"Jika Anda memiliki keahlian khusus, tidak ada salahnya Anda membuatnya untuk dijual.

Harga kerajinan tangan bisa jutaan dan bahkan ada yang mencapai ratusdan juta tergantung jenis serta bahan dari kerajinan tangan dan tingkat kesulitannya juga.

Anda bisa mencobanya saja, jika ada keahlian khusus. Maka tidak ada salahnya mencoba, masalah hasil akan mengikuti dengan sendirinya.

# Usaha Menawarkan Jasa.

Ada banyak jenis usaha dibidang jasa yang bisa Anda jalankan di desa Anda dan berikut ini saya berikan contoh usaha dibidang jasa didesa.

  1. Usaha jasa pangkas rambut.
  2. Usaha jasa rias pengantin
  3. Usaha jasa massage/pijat.
  4. Usaha jasa antar barang.
  5. Usaha jasa berkebun.
  6. Dan usaha jasa lainnya.
Beberapa hal tersebut termasuk ide usaha didesa yang cukup menjanjikan, kalau di bikdang jasa umumnya kita tidak banyak keluar modal, namun kalau rias pengantin itu kita memang harus keluar modal dulu dan punya keahlian tersendiri.

# Peluang Jasa Penyewaan Barang.

Bisnis atau usaha jasa penyewaan barang ini sangat menjanjikan sekali untuk kita jalankan, namun kita membutuhkan modal yang cukup besar.

"Ya, misalnya Anda ingin menyewakan tragtag untuk acara pesta perkawinan atau hajatan.

...Tentunya, harga barang yang akan kita sewakan pun bisa jutaan rupiah.

"Tapi, ini sangat menjanjikan kalau serius dalam menjalankkannya.

Dan bagi Anda yang punya modal besar, maka sebaiknya dicoba saja usaha di bidang penyewaan barang ini.

"Ada banyak jenis bisnis penyewaan barang, namun saya tidak bisa bahas semua disini. 

Tetapi, saya sudah siapkan artikel khusus untuk Anda yaitu tentang usaha penyewaan barang. Anda bisa membacanya melalui artikel sebelumnya terkait ulasan tersebut.

# Usaha Jualan Online / Bisnis Online

Sekarang ini, semuanya sudah serba online...

Membeli sayur, kita sudah bisa dapatkan secara online..'

Beli ini itu, kita bisa mencarinya secara online.

Kemudahan tersebut juga bisa kita manfaatkan, jangan hanya jadi penonton atau pengguna saja.

Tidak ada salahnya Anda juga ikut terjun kedalam bisnis online, dan bisa Anda mulai dengan menjual secara online. 

Bisa juga dropship dari seller yang sudah ada, sehingga Anda tidak perlu membuat atau memproduksi produk sendiri.

Ada banyak sekali kemudahan serta keunggulan dalam usaha online, salah satunya kita bisa menembus pasar internasional dengan mudah atau memiliki jangkauan yang cukup luas dari berbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri.

Segera onlinekan saja usaha atau bisnis Anda..!!!

Apapun usaha tau bisnis yang anda jalankan saat ini, sebaiknya segera hubungkan ke internet. Jangan sampai usaha Anda gulung tikar karen ketunggalan jaman dan kurang diminati karena tidak banyak yang melihatnya.

Mungkin sampai disini duluh yah, semoga artikel tentang berbagai jenis peluang usaha didesa ini bisa bermanfaat untuk Anda, memabantu Anda menemukan ide terbaik untuk memulai sebuah usaha. Jika Anda rasa ini bermanfaat, jangan lupa bagikan juga informasi ini ke teman Anda melalui sosmed yang Anda gunakan. Terimakasih!