Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Beberapa Tips Menjaga dan menurunkan Berat Badan Agar Ideal

Aplikasichat.com - Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan.  Namun, untuk menjalaninya membutuhkan perencanaan yang baik, program yang tepat, dan disiplin.  Dengan cara ini Anda tidak hanya bisa mendapatkan berat badan yang tepat tetapi juga mendapatkan tubuh yang sehat.

Pada dasarnya, kenaikan atau penurunan berat badan seseorang tergantung pada jumlah kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar dalam tubuh selama aktivitas.

Asupan kalori yang berlebihan yang tidak disertai dengan olahraga teratur atau aktivitas fisik dapat menyebabkan penambahan berat badan.  Ini karena kalori yang tidak terpakai disimpan dalam tubuh sebagai lemak.

Oleh karena itu, untuk menurunkan berat badan, Anda perlu mengonsumsi lebih sedikit kalori dan meningkatkan aktivitas fisik, sehingga tubuh Anda memecah lemak untuk energi.

Cara menurunkan berat badan yang benar dengan cepat

Kunci untuk menurunkan berat badan adalah perencanaan yang baik dan pengendalian diri yang kuat.  Berikut beberapa cara menurunkan berat badan yang bisa Anda lakukan untuk mencapai berat badan ideal.

1. Tentukan target berat badan Anda

Langkah pertama yang harus Anda ambil saat ingin menurunkan berat badan adalah menentukan tujuan penurunan berat badan yang ingin Anda capai.

Namun, jangan menetapkan tujuan yang ekstrim, karena hal ini justru dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti sembelit, diare, kehilangan massa otot, dan malnutrisi, yang pada akhirnya akan menghambat upaya penurunan berat badan Anda.

Usahakan untuk menurunkan berat badan secara bertahap 0,5-1 kg per minggu atau 2-4 kg per bulan.  Tidak hanya sehat, tetapi menetapkan tujuan dengan cara ini juga akan membantu Anda mempertahankan berat badan yang diinginkan dalam jangka panjang.

2. Makan makanan sehat

Setelah Anda menetapkan tujuan penurunan berat badan, mulailah membatasi makanan tidak sehat dan menggantinya dengan makanan sehat.  Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

  • Buah-buahan dan sayur-sayuran

Buah dan sayur merupakan salah satu pilihan makanan yang paling sehat, kaya akan vitamin, mineral dan serat serta mengandung kalori yang lebih sedikit dibandingkan jenis makanan lainnya.  Menambahkan keduanya ke dalam diet harian Anda dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan menjaga tubuh Anda tetap sehat.

  • Makanan sumber karbohidrat kompleks

Meski sedang berusaha menurunkan berat badan, Anda tetap perlu mendapatkan karbohidrat yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh.

Namun, batasi konsumsi karbohidrat sederhana seperti kue kering, roti dan mie yang tinggi gula dan tepung.

Makanlah sumber karbohidrat kompleks yang kaya serat dan akan bertahan lebih lama, seperti beras merah, roti gandum dan pisang.

  • Diet protein rendah lemak

Makanan yang merupakan sumber protein yang baik dimakan untuk menurunkan berat badan.  Ini karena protein membuat Anda kenyang lebih lama sehingga Anda tidak makan berlebihan.

Makanan kaya protein termasuk telur, ikan, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak.

3. Terapkan diet teratur

Pola makan yang tidak teratur bisa membuat Anda lapar dan makan berlebihan.  Misalnya, melewatkan sarapan membuat tubuh Anda kekurangan energi untuk melakukan aktivitas, sehingga Anda lebih cepat lapar dan ingin makan lebih banyak di siang hari.

Jadi biasakan untuk makan secara teratur 3 kali sehari yaitu pagi, siang dan malam.  Di sela-selanya, Anda bisa makan makanan sehat agar tidak makan berlebihan di waktu makan.

4. Berolahraga secara teratur

Berbagai aktivitas fisik seperti bersepeda, berenang, berlari, jogging dan latihan beban sangat dianjurkan bagi mereka yang melakukan program penurunan berat badan.  Olahraga meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga lebih banyak kalori yang terbakar.

Pilih jenis olahraga yang Anda sukai dan lakukan secara teratur.  Namun, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui jenis olahraga yang tepat dan batasan olahraga yang aman bagi kesehatan Anda.

Cara menjaga berat badan yang tepat

Salah satu pertanyaan yang muncul setelah seseorang berhasil menurunkan berat badan adalah bagaimana mempertahankan hasilnya.  Ini karena terlalu banyak orang yang menambah berat badan lagi setelah berjuang untuk menurunkan berat badan.

Cara menjaga berat badan yang tepat


Ada banyak cara untuk mempertahankan berat badan ideal Anda setelah Anda berhasil menurunkannya:

  • Berolahraga secara teratur

Untuk menjaga berat badan yang bertambah, disarankan agar Anda terus berolahraga secara teratur.  Berolahraga minimal 30 menit 5 kali seminggu.

Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga, jaga agar tubuh tetap aktif dengan melakukan aktivitas sederhana seperti berjalan kaki atau menaiki tangga di sela-sela aktivitas sehari-hari.

  • Hindari melewatkan sarapan

Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah dengan sarapan setiap pagi.  Melewatkan sarapan dapat mengalihkan perhatian Anda dan membuat Anda merasa lebih cepat lapar.  Alhasil, mereka makan banyak di siang hari, sehingga berat badan bisa kembali normal.

  • Waktu istirahat yang cukup

Kelelahan dan kekurangan energi akibat kurang tidur seringkali menjadi penyebab keengganan seseorang untuk beraktivitas dan berolahraga.  Tidak hanya itu, kurang istirahat juga merangsang produksi ghrelin, hormon yang menyebabkan rasa lapar.

Jadi tidurlah yang cukup minimal 7-9 jam sehari agar berat badan tidak naik lagi.

  • Mengurangi stres

Ketika seseorang stres, mereka cenderung makan lebih banyak, karena tubuh memproduksi hormon yang disebut kortisol, yang meningkatkan nafsu makan, dan makanan yang biasanya dikonsumsi saat stres adalah makanan yang tidak sehat.

Kendalikan stres Anda dengan melakukan aktivitas favorit Anda, mendengarkan musik, atau berlatih teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga agar berat badan Anda tidak bertambah.

Mencapai target berat badan yang tepat membutuhkan cara yang tepat untuk menurunkan berat badan dan disiplin dalam gaya hidup Anda.  Jika Anda tidak menurunkan berat badan meskipun melakukan cara-cara di atas, konsultasikan dengan dokter Anda untuk menemukan program penurunan berat badan yang sesuai dengan situasi Anda.