Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Contoh Peluang Usaha Sampingan Cocok Untuk Mahasiswa/Pelajar Menjanjikan

Memulai usaha sampingan untuk menambah pemasukan memang harus kita pikirkan, terlebih lagi bagi kalian yang memang statusnya mahasiswa atau pelajar. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk meringankan beban orang tua dan selain itu, memulai usaha sejak dini akan melatih mental kita untuk menjadi pengusaha sukses nantinya.

Diluar sana, banyak mahasiswa atau seorang pelajar yang memang bisa mencukupi kebutuhan hidupnya sendiri selama ngkost. Bahkan sukses menjadi pengusaha yang memiliki banyak aset.

Adanya internet, kita bisa memanfaatkan untuk melakukan dan memulai itu semua dan disini, saya akan bagikan beberapa contoh usaha online yang bisa kalian jalankan secara online tanpa harus mengaggu waktu belajar kalian, karena bisa dijalankan saat waktu luang atau paruh waktu.

Apakah kalian sedang mencari peluang usaha sampingan yang cocok untuk pelajar atau mahasiswa??"

Jika iya, maka di bawah ini beberapa contoh peluang usaha sampingan yang mungkin cocok untuk kalian. Selain tidak membutuhkan waktu penuh dan bisa dijalankan paruh waktu ( part time ), kita juga tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulai usaha sampingan tersebut.

Contoh Peluang Usaha Sampingan Cocok Untuk Mahasiswa/Pelajar

Contoh Peluang Usaha Sampingan Cocok Untuk Mahasiswa/Pelajar

Dibawah ini ada beberapa contoh peluang usaha sampingan cocok untuk pelajar, Kalian bisa memilih dan memulai salah satunya untuk penghasilan tambahan untuk biaya hidup kalian selama mengkost. Sehingga tidak terlalu menjadi beban orang tua, karen kalian bisa menghasilkan dan membiayai kuliah sendiri dengan uang sendiri hasil berbisnis sambil kuliah.

1. Jualan Hijab Online.

Bagi kalian yang statusnya adalah pelajar, memulai usaha online merupakan pilihan yang tepat sekali bagi kalian.

Pasalnya, usaha sampingan secara online ini tidak menyita banyak waktu kalian, sehingga tidak menganggu aktifitas utama kalian. Bukan hanya itu saja, kita juga bisa memulainya secara online tanpa ada batasan waktu, bisa kapan saja selagi waktu luang.

Masalah modal usaha sampingan, kita tidak perlu khawatir sebenarnya. Karena dengan memanfaakan hp kalian saja yang terkoneksi internet, kita bisa memulai usaha jualan hijab secara online tanpa harus modal uang.

Bagaimana caranya supaya kita tidak harus mengeluarkan uang untuk modal usaha hijab online??

Kita bisa melakukannya dengan cara dropship dari marketplace atau reseller terpercaya yang bisa kita ajak kerjasama. Tugas kita hanya melakukan pemasaran saja  dan menawarkannya dengan akun pribadi kita.

Namun, kalian bisa membuatnya secara profesional.

  • Buat akun social media secara khusus.
  • Buatkan vidoe tutorial dan menguploadnya di berbagai sosmed
  • Dan bisa juga modal untuk melakukan pengiklanan ketika hasilnya sudah mulai kelihatan. Jadi, kita modal iklan bukan dari uang pribadi melainkan dari hasil atau keuntungan yang kita dapat. Dengan begitu, kita jadi lebih menghemat waktu kita untuk melalukan pemasaran.
Jualan hijab sangat mudah dan sangat potensial sekali, selain itu banyak sekali peminatnya dengan begitu kita akan semakin mudah memasarkannya.

Menurut saya, cara paling mudah memasarkan hijab secara online itu melalui Instagram. Dengan memasarkannya di instagram, kita akan menjangkau pembeli lebih banyak lagi dan bahkan sangat muidah.

Caranya: Membuat akun instagram khusus membahas tentang tutorial hijab, dan membahas model-model hijab terbaru. Ini akan memudahkan kita dalam melakukan pemasaran, karena kita akan mendapatkan followers yang tertarget, sehingga kesempatan mendapatkan banyak pembeli lebih mudah. 


Terlebih lagi, kalau kita bisa membuat tutorial hijab sendiri. Ini akan sangat cepat sekali untuk mendapatkan pembeli, pasalnya vidoe yang kita buat akan di repost banyak user dan di bagikan juga ke berbagai media. Ini termasuk pemasaran gratis yang banyak dilakukan para pebisnis hijab di luar sana.

2. Menjadi Kreator.

Kalian bisa membuat konten yang unik menarik dalam berbagai bentuk? Ini sangat cocok untuk kalian. Kalian akan mendapatkan uang yang banyak dengan menjadi kreator, baik di instagram, facebook, youtube dan lainnya.

Akun kalian akan mendapatkan penghasilan dari mengunggah vidoe, dan berkesempatan juga untuk menjadi selebgram kalau memang apa yang kalian publish hasil karya sendiri.

Diluar sana, banyak mahasiswa yang sukses dengan menjadi kreator dan menghasilkan uang sendiri meski masih kuliah. Usaha sampingan seperti ini, tidak membutuhkan modal yang besar, namun tentu saja butuh proses dan ketekunan dalam menjalankannya.

3. Jual Foto Secara Online.

Tidak ada salahnya, buat kalian yang suka dengan fotografi memulai ini. Menjual foto secara online dan menciptakan aset digital yang cukup baik. Ada banyak sekali website atau perusahaan online yang menyediakan layanan tersebut.

Kita bisa memanfaatkan situs-situs tempat jual foto online yang terpercaya sebagai media kita untuk memulainya. Namun, jika kalian ingin membuat website sendiri, itu sangat baik lagi. Karena kalian bisa menjual foto hasil jepretan kalian sesuai harga yang kalian inginkan.

Tapi, dengan membuat website sendiri...kalian harus mencari pelanggan atau pasar sendiri. Beda dengan penyedia layanan jual foto yang sudah populer. Kita tidak perlu memasarkan foto tersebut, asal kita tahu caranya riset kata kunci dan menyediakan foto yang user buthkan, maka kita akan mendapatkan banyak uang dari jual foto secara online.

Berikut ini situs tempat jual foto online terpercaya dari luar negeri yang bisa kalian manfaatkan.

  1. Shutterstock
  2. Adobe Stock
  3. Dreamstime
  4. iStockphoto.com
  5. Alamy
  6. FreeDigitalPhotos.net
  7. 500px

Nah, itulah sitsu tempat jual foto online yang bisa kalian manfaatkan untuk menjual foto atau hasil karya kalian. Masalah hasilnya, kalian akan tahu sendiri ketika sudah benar benar terjun. Walaupun butuh proses, namun setelah kita memiliki banyak foto, maka kesempatan untuk gajian tiap bulan semakin besar.

4. Menjual Jasa Secara Online.

Memiliki keahlian khusus dalam mendesain, membuat sesuatu yang bisa dipasarkan secara online. Tidak ada salahnya juga kalian menawarkan jasa secara online.

Menawarkan jasa secara online, bisa menjadi usaha sampingan kalian yang memang masih pelajar atau seorang mahasiswa. Karena ini tidak membutuhkan modal yang besar dan juga ini sesuai keahlian kalian, sehingga kalian melakukan hal yang memang kalian sukai.

Kalian bisa membuat situs sendiri atau membuat akun sesmed untuk melakukan penawaran. Jika kalian tidak bisa membuat website, kalian bisa memanfaatkan situs fiverr atau situs terkait yang menyediakan layanan tersebut. Tinggal bergabung saja, dan upload protofolio yang kalian miliki dan tunggu pemesan jasa kalian. 

5. Membuat Grup Facebook.

Buat apa grup facebook?? 

Apakah dari grup facebook bisa menghasilkan banyak uang??' Tentu saja, kita bisa menghasilkan banyak uang ketika memiliki grup facebook.

  • Bisa untuk jualan sendiri
  • Bisa di sewakan 
  • Bisa dijual
  • Bisa juga untuk pelatihan khusus.
  • Dan lainnya.
Jika kalian memiliki grup yang membernya banyak, maka akan semakin banyak juga pengiklan yang akan mampir ke grup kalian dan akan semakin besar kesempatan untuk mendapatkan banyak uang dari sosmed.

Peluang usaha sampingan mahasiswa ini bisa kalian lakukan tanpa menggagu waktu kalian, karena ini termasuk sampingan yang bisa dijalankan paruh waktu. Hasilnya cukup besar, kalau kalian bisa memanfaatkannya.