Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Langkah Yang Harus Anda Lakukan Untuk Sukses Jualan Secara Online

Menjalankan bisnis secara online merupakan pilihan yang sangat tepat sekali untuk kita lakukan, pasalnya sekarang ini semua serba online. Entah itu bisnis dibidang fashion,jasa dan kuliner. Kalau kita tidak menggabungkannya ke dunia online, maka usaha kita akan sulit berkembang , karena kalah dengan pesaing bisnis yang sama yang memanfaatkan online sebagai media pemasarannya.

Ada banyak sekali cara melakukan pemasaran secara online, baik yang gratisan maupun yang berbayar. Dan kita juga bisa menjangkau pelanggan atau konsumen lebih banyak serta luas dari berbagai wilayah.

Enak bukan?

Tanpa modal yang besar, promosi yang kita lakukan secara online bisa mendatangkan pelanggan dari berbagai wilayah. 

"Selain menghemat biaya pemasaran, jangkauan luas, kita juga bisa menargetkan orang yang memiliki minat dengan usaha atau bisnis yang kita jalankan.

Pada kesempatan ini, bansos.id akan berbagai tentang bagaimana cara memulai usaha jualan secara online dan cara melakukan pemasaran secara online yang baik dan benar.

"Ya, lebih tepatnya membuat perencanaan yang lebih matang untuk kesuksesan bisnis yang kita jalankan.

Apakah dengan online kita bisa sukses jualannya?

...Tergantung!

Karena semua tergantung bagaimana kita dalam melakukan pemasaran, serta menciptakan sistem bisnisnya.

Kalau sistem bisnis atau produk sudah oke, maka kita tinggal lakukan pemasaran yang lebih tepat.

Begitu sebaliknya...

Ada banyak orang sukses dari jualan online, baik tanpa modal maupun dengan modal. Semua tergantung usaha yang kita lakukan. Meski tanpa moda sekalipun, kalau niat dan keinginan kita besar untuk bisa sukses, dan melakukan perencanan yang matang dengan cara yang benar. Maka, kesempatan untuk seukses juga semakin besar.

5 Cara Sukses Memulai Usaha Bisnis Jualan Online Harus Anda Lakukan

Berikut ini yang perlu Anda lakukan dan perhatikan. Karena dari sebagian besar orang sukses jualan online juga melakukan hal yang sama sebagai berikut ini. Cuman yang membedakan , bagaimana mereka bisa dan mau melakukannya atau tidak.

Lakukan Untuk Sukses Jualan Secara Online


1. Membuat Perencanan Yang Matang.

Anda harus tahu ...

Perencanaan ini adalah hal utama yang perlu kita lakukan..

...Jangan sampai Anda merencanakan sebuah kegagalan, karena memang dari perencanan ini kita akan dimudahkan ketika kita memulainnya atau terarah dan terukur.

Pikirkan jualan apa yang akan kita tawarkan ke pengguna internet.

Mengenai hal ini, Anda bisa lakukan riset terlebih dulu terkait produk yang akan kita tawarkan.

Biar lebih jelas, simak berikut ini:

  • Riset jenis produknya
  • Potensi dari produk tersebut
  • Siapa target marketnya
  • Dan darimana kita bisa dapat produk tersebut.
Beberapa hal tersebut hal utama yang harus kita perhatikan supaya bisa sukses nantinya. kalau kita sudah bisa menentukan produknya dan tahu siapa target marketnya. Maka, kita akan mudah sekali untuk menjualnya dan mendapatkan keuntungan dari hasil jualan online yang kita lakukan.

Membuat perencanaan terkait tentang bagaimana kita melakukan pemasaran.

Anda juga harus memikirkan strategi apa dan langkah apa yang harus kita lakukan pada awal jualan dan bagaimana kita menawarkan produknya.

Mislanya: Membuat website khusus untuk memajang produk atau hanya memanfaatkan social media seperti facebook dan instagram, serta materi apa dan bagaimana yang akan kita gunakan untuk di iklankan.

Jadi..

Semua itu harus jelas dan harus kita pikirkan secara matang-matang...

Berbicara soal modal, yang namanya usaha jelas ada modal, walaupun kuota juga itu termasuk modal. Hanya saja besar kecilnya yang bisa kita ukur. Misalnya kalau iklan kita gunakan yang berbayar, tentu kita membutuhkan modal yang lebih, belum lagi kalau kita ingin membuat website dan lainnya.

Wajib baca: Bagaimana cara bisnis online tanpa modal? 5 Tips Ini Mungkin Bisa Jadi Solusinya!

2. Pilih jenis produk yang tepat.


Semua harus tepat memang, walaupun semua produk ada merketnya. Tapi, memilih produk yang tepat untuk Anda pasarkan itu akan mempercepat Anda untuk mendapatkan penjualan pertama atau jualan bisa meningkat.

...Saran saya dalam hal ini, memilih jenis produk yang sudah menjadi kebutuhan konsumen.

Ketika konsumen merasa sudah membutuhkan produk tersebut, maka penjualan akan semakin besar.

Bukan hanya makanan saja yang jadi kebutuhan, Ada banyak jenis produk yang diminati banyak orang karena memang itu jadi kebutuhan mereka.

Misalnya Anda berada pada komunitas orang yang suka dengan budidaya tanaman. Sehingga Anda akan lebih cocok kalau yang Anda tawarkan itu produk-produk yang relevan dengan komunitas tersebut. 

Contohnya, pupuk tanaman, pelatihan, bibit dan lainnya yang berhubungan dengan komunitas tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan penjualan produk dengan sangat mudah sekali, dan bahkan tanpa harus modal besar.

3. Tentukan pemasaran yang tepat.


Ini bagian dari perencanaan memang, tapi harus di jelaskan secara terpisah supaya Anda lebih paham dan lebih menguasai alur dari cara sukses jualan online yang saya bahas ini.

Apabila memang Anda modalnya terbatas, saran saya mengunakan cara yang gratisan. Seperti memanfaatkan social media untuk melakukan pemasaran produk yang kita jual.

Caranya:

  • Buat akan facebook khusus.
  • Buat halaman khusus
  • Buat grup khusus yang relevan dengan produk Anda.
  • Bergabung dengan banyak grup serupa.
Anda jualan bibit durian atau bibit tanaman tertentu, jelas Anda harus gabung dong ke grup-grup orang yang suka budidaya tanaman. Atau ke komunitas yang sama sesuai produk Anda.'

Lakukan pemasaran secara halus dan jangan terlalu spam..

Misalnya: Anda menawarkan pelatihan gratis, kemudian baru kita jualan setelah itu. Bisa juga langsung menawarkan produk ke komunitas, hanya saja kalau langsung jualan. Tentu kita tidak akan dianggap, dan bahkan terabaikan. 

'Nah, untuk prosesnya ...

...Kita berikan apa yang mereka butuhkan, misalnya edukasi tentang cara merawat tanaman, pemupukan dan lainnya. Tidak langsung jualan, karena jualan itu ada waktunya juga. 

4. Jalin kerjasama dengan pihak tertentu.


Kerjasama yang baik, hasilnya juga akan baik..

Nah, Anda harus banyak partnet supaya bisnis atau usaha Anda juga cepat menghasilkan dan bahkan meningkat hasilnya.

Ada banyak cara mengajak kerjasama, yang penting Anda tahu caranya saja dan tahu kepada siapa yang cocok untuk Anda ajak kerjasama.'

Misalnya, Anda ajak kerjasama dengan admin pemiliki grup tertentu yang memang grupnya relevan dengan produk yang kita jual serta membernya sudah ratusan ribu bahkan jutaan.

Buat kesepakatan tertentu, pada intinya semakin banyak kita menjalin kerjasama, maka semakin cepat dan meningkat juga hasilnya.

Pikirkan saja hal ini...

5. Mengelola Keuangan Yang Baik.


Kadang, kita merasa sudah maksimal usahanya dan merasa penjualannya sudah kenceng. Tapi, keuntungan tidak ada atau entah kemana hasilnya tanpa kita sadari.

Dalam hal ini, kita harus bisa mengatur dan mengontrol keuangan bisnis kita. Jangan sampai kita bangkrut atau gulung tikar karena tidak bisa mengatur keuangan dalam menjalankan bisnis online.

Anda harus bisa memantau pengeluaran dan pemasukan, dan mengunakan anggaran sesuai kebutuhan dan mempertimbangkan pengeluaran. Jika tidak dibutuhkan sekali, maka jangan keluarkan uang Anda untuk membeli sesuatu yang memang tidak terlalu dibutuhkan untuk kemajuan bisnis.'

Kadang kita tanpa sadari terbawa situsi, dan tanpa sadar kita telah mengeluarkan banyak uang untuk menggunakan layanan tertentu, membeli alat yang memang kuarng mendukung bisnisnya dan lainnya.

Catat dan lakukan management keuangan yang baik ini berpengaruh terhadap kemajuan usaha atau kesuksesan Anda dalam jualan online.

Masih banyak lagi sebenarnya, namuan saya rasa saya akan bagikan dilain waktu ketika ada kesempatan membahas tema yang sama. 

Jadi, terus ikuti situs kami untuk menemukan info terupdate peluang usaha yang menjanjikan setiap saat dan jangan sampai ketinggalan yah. terimakasih!