Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

1001 Contoh Peluang Usaha Di Masa Pandemi Yang Cukup Menjanjikan

Memulai usaha di tengah-tengah pandemi, apakah bisa??' Pertanyaan umum yang sering saya temukan di berbagai forum. Namun, ada lagi pertanyaan serupa yang menanyakan. Mau usaha, tapi tidak tahu peluang usaha di masa pandemi yang menjanjikan?

Tidak bisa dipungkiri, bahwa saat pandemi aktifitas kita dibatasi serta pendapatan kita juga menurun. Wajar kalau kita merasa bingung ingin usaha apa di masa pandemi ini.

Anda tidak perlu khawatir! Karena disini saya akan berikan beberapa contoh peluang usaha di masa pandemi yang menjanjikan nuntuk di jalankan, baik dengan modal maupun tanpa modal juga bisa.

"Walapun aktifitas kita dibatas, bukan berarti kita tidak boleh menjalankan usaha. Karena usaha ini penting untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. "Ya, kita sendiri yang harus merubahnya dan harus memutar otak agar bisa bertahan dimasa-masa sulit seperti ini.

..Ada banyak jenis peluang usaha yang bisa Anda jalankan dari rumah saja, dan ini bisa Anda lakukan saat pandemi maupun tidak.

Contoh peluang usaha di masa pandemi yang menjanjikan ini hadir untuk Ada, sebagai informasi menarik menumbuhkan dan membangkitkan ukm di Indonesia. Ada beberapa contoh usaha yang bisa Anda jalankan, diantaranya sebagai berikut ini:

Contoh Peluang Usaha di Masa Pandemi Yang Menjanjikan Saat Ini

Peluang Usaha di Masa Pandemi Yang Menjanjikan


1. Usaha Jual Beli Online

Adanya internet, kita bisa melakukan banyak hal walaupun dirumah saja dan ini sangat membantu kita untuk menghasilkan. 

"Ya, termasuk usaha kita bisa melakukannya secara online juga. 

...Jual beli online meningkat pesat saat pandemi ini, karena aktifitas diluar rumah kita sangat terbatas atau dibatasi. Sehingga jalur internet dipilih oleh para pengusaha atau pebisnis agar usaha yang mereka jalankan tetap berjalan dan bisa memberikan penghasilan.'

Anda juga sama, walaupun bukan seorang pengusaha..

...Namun, Anda juga bisa memulai usaha jual beli online.

Ada banyak jenis jual beli online yang bisa kita lakukan, baik dengan modal maupun tanpa modal.

"Kita bisa memulainya tanpa modal, namun bagi yang memiliki modal. Ini akan sangat membantu Anda dalam menjalankan usaha onlinenya".

Dengan modal kita bisa melakukan pemasaran yang lebih baik lagi, hanya saja butuh pengetahuan khusus. Tanpa itu, maka bisa saja modal Anda terbuang sia-sia.

Contoh Bisnis Jual Beli Online:

  • Jual beli produk digital, Anda bisa menjual berbagai jenis produk digital. Seperti ebook, software theme website,tools online dan sejenisnya. Ini bisa menjadi peluang usaha di masa pandemi yang cukup bagus untuk dijalankan.
  • Jual beli berbagai macam akun: Contohnya akun game, akun sosmed, akun google dan lainnya. Kita membuat akun dan mengembangkannya, kemudian menjualnya untuk mendapatkan keuntungan. Atau bisa juga membeli untuk di jual kembali, ini berlaku bagi Anda yang memiliki modal. Saat ini, nilai transaksi jual beli akun itu sangat pesat, apalagi akun google adsense, yang semakin hari semakin menggila harganya.
  • Jual beli berbagai barang atau produk fisik. Selain produk digital seperti diatas, kita juga bisa bisa menjual berbagai jenis produk fisik yang memang banyak dicari. Anda bisa melakukan riset terlebih dulu terkait hal apa yang banyak dibutuhkan oleh pengguna internet. Biar lebih spasifik, Anda bisa gabung ke komunitas tertentu dan menawarkan produk relevan sesuai temanya.
  • Dan masih banyak lagi lainnya.

Contoh Bisnis Online Yang Menjanjikan Saat Masa Pandemi


Bisnis Online yang menjanjikan saat masa pandemi menjadi akternatif bagi banyak orang untuk mendapatkan penghasilan dan mencukupi kebutuhan mereka. Mungkin anda masih bingung ingin usaha online apa?

Izinkan saja untuk memberikan penjelasan terkait bisnis online yang menjanjikan saat pandemi, berikut ini dinataranya:

  • Membuka Online Shop

Salah satu cara yang banyak digunakan oleh kebanyakan pengguna internet yaitu jualan online dan membuka online shop kecil-kecilan.

Anda bisa juga melakukan hal tersebut dengan memanfaatkan media social yang anda miliki, baik itu facebook/meta, instagram, twitter, wa, telegram dan juga youtube.

Dari social media, anda bisa mendatangkan pembeli dan bisa menjadikan ini sebuah aset yang memang sangat membantu kita saat pandemi ini.

...Tapi saya tidak punya produk untuk dijual??" Lantas, bagaimana caranya saya membukan online shop kalau tidak punya produk untuk di jual??'.

Jualan online, tidak harus punya produk sendiri...'

Dan ini bisa Anda tanyakan ke penjual lainnya yang sudah memulainya lebih dulu dari Anda, apakah mereka punya produk sendiri?? 

Punya pabrik dn produksi berbagai macam produk sendiri??

"Tentu tidak!

Mereka hanya menjual produk yang sudah ada dengan menjalin kerja sama sesama seller diluar sana, baik itu dropship maupun sistem reseller.

Anda bisa jualan online tanpa harus punya produk sendiri, jadi jangan khawatir kalau belum punya produk. 

  • Menawarkan jasa penulis

Apakah Anda memiliki keahlian dalam menulis atau hobi menulis??

Beruntunglah, karena dari hobi Anda tersebut bisa menjadi ladang penghasilan atau usaha di masa pandemi ini.

Ada banyak media online saat ini membutuhkan para penulis, artinya ini menjadi kesempatan emas untuk Anda bisa mendapatkan hasil dari hobi Anda tesebut.'

Tinggal tawarkan saja kerja sama kepada mereka atau membuka jasa penulis artikel secara umum dan mempromosikan jasa tersebut kepada para blogger. Saya yakin mereka akan dengan senang hati menerima penawaran Anda tersebut.

Penghasilannya beragam dan ini tergantung kualitas artikel dan kerja Anda, jika Anda bisa menciptakan artikel yang unik dan berkualitas serta cepat kerjanya, maka harga jasa Anda juga semakin mahal.

  • Menjadi Creator/Publisher

Tahukah Anda, banyak orang yang sukses dan menjadi terkenal yang berawal dari seorang creator. Meraka bekerja menciptakan konten yang unik, lucu, menghibur, dan tidak membosankan dan menguploadnya di sosial media, baik instagram,facebook maupun youtube.

Kreator dituntut menjadi seorang yang lebih kreatif, agar bisa menghasilkan konten yang tidak membosankan. Inilah keunggulannya, jika Anda bisa menciptakan konten yang luar biasa dan disukai banyak orang. 

...Maka, Anda akan cepat sukses dan mendapatkan hasil yang luar biasa. Tinggal konsisten dalam melakukannya, maka hasil akan mengikutinya. . .

"Cocok sekali untuk Anda muda jaman sekarang yang memang ingin punya penghasilan besar, tapi bukan hanya anak muda saja, Kalau Anda yang sudah cukup umur pun bisa asal ada kemauan.

  • Menjadi Blogger.

Apakah menjadi seorang blogger bisa menjamin kesuksesan??" Tergantung Anda yang melakukannya.

Diluar sana, banyak blogger sukses yang bisa menghasilkan ratusan juta dalam sebulan, artinya meraka bisa tetap punya penghasilan meski hanya kerja dari rumah. 

Sama halnya kreator video, merak dituntut untuk selalu update konten-konten yang banyak dicari adan bermanfaat untuk banyak orang.

" Memang ini membutuhkan waktu yang lama, apalagi kalau Anda masih baru. Meski anda bisa menulis dan memiliki kemampuan menulis dengan baik, namun kalau pengalaman Anda belum luas dalam dunia blogger. Maka, ini bukan pekerjaan yang mudah untuk Anda.

Apakah ada solusinya, supaya kita bisa menghasikan uang dari blog dengan cepat??"

..Banyak sekali cara menetisasi blog kita agar bisa menghasikan uang, namun sebaik-baiknya blog yang bisa menghasikan uang yaitu blog yang memiliki konten berbeda dari yang lainnya, memiliki informasi yang bermanfaat dan juga trafik yang tinggi.

"Ya, blog bisa menghasilkan uang karena adanya pengunjung dan pengunjung tidak akan mau berkunjung ke blog kosong. Sehingga konten adalah hal utama yang perlu Anda perhatikan sebelum pengunjung.

Monetisasi blog Anda, kemudian promosikan blog Anda untuk mendapatkan trafik yang bisa meberikan pemasukan untuk Anda.

  • Menawarkan Bimbingan Belajar Online.

Menyediakan "Online Class" adalah salah satu sumber penghasilan yang luar biasa saat ini. Kita bisa melakukannya secara online, dari rumah atau darimana saja Anda berada.

Namun, bimbingan ini dibutuhkan pengetahuan khusus dibidang tertentu. Jika Anda bisa melakukan sesuatu, maka ini cocok untuk Anda. "Ya, jika Anda seorang guru, maka ini sangat cocok untuk Anda yang ingin punya penghasilan.

Anda bisa menawarkan bimbingan belajar online, sehingga ini bisa menjadi sumber pemasukan atau penghasilan tambahan Anda saat masa pandemi.

Misalnya Anda bisa memasak, dan masakan Anda banyak dicari dan dibutuhkan. Tidak ada salahnya juga, Anda membuka kelas memasak khusus. Ini sangat menarik bukan, meski secara online. Kita bisa melakukannya tanpa ada batasan waktu.

  • Menjual Foto Online

Apakah anda asing dengan kata menjual foto ??" 

Saya sengaja mengunakan bahasa yang sedikit lebih mudah dipahami, karena saya sendiri kalau baru tahu. Rasanya sulit memahami bahasa para master diluar sana.

Anda bisa menjual foto hasil jepretan Anda di berbagai situs online tertentu, dengan bayaran yang cukup lumayan apabila ada yang membeli dan mengunduh foto Anda.

"Jika anda hobi foto-foto pemandangan dan bisa menciptakan hasil jepretan yang bagus dan berkualitas, kerjaan ini sangat cocok untuk Anda. Ini termasuk hobi yang menghasilkan, tinggal bagaimana Anda saja dalam menjalankannya.

Masih banyak lagi lainnya terkait bisnis online yang menjanjikan saat pandemi, Anda bisa pikirkan saja apa yang bisa Anda lakukan dan pilih salah satu untuk ditekuni. 

2. Budidaya Tanaman Hias.

Memanfaatkan tanaman hias untuk usaha dirumah, apakah ini menjanjikan saat pandemi seperti ini??"

Apabila tidak Anda coba, maka Anda tidak akan tahu apakah ini menjanjikan atau tidaknya.

"Tapi, menurut saya ini ide yang bagus untuk dijalankan..

Terutama, bagi Anda yang memang memiliki hobi budidaya tanaman hias.

Diluar sana, banyak juga yang sukses usaha budidaya tanaman hiasnya. Sehingga ini membuktikan kalau usaha budidaya tanaman hias itu sangat menjanjikan.'

Jika tanaman hias yang Anda budidaya memiliki nilai jual yang tinggi, maka sampai kapan pun akan tetap diminati. Jadi, kalau ingin budidaya tanaman hias. Pilihlah jenis tanaman yang memang memiliki harga stabil atau tetap diminati dari tahu ke tahun, bukan tanaman hias musiman atau viral.

Bergabunglah ke komunitas terkait budidaya tanaman hias, disana Anda akan menemukan berbagai macam informasi serta pembeli. 

Bisa juga jual bibit buah-buahan hasil stek, ini juga tidak kalah menarik dengan budidaya tanaman hias lho. Anda sesuaikan saja passion Anda, jika memang memiliki ketertarikan di tanaman hias, maka tekunin yang tanaman hiasnya.

3. Budidaya Ikan Hias

Ikan hias menarik sekali unuk dijadikan usaha, dan hampir semua orang suka dengan ikan hias. Anda bisa memulai usaha budidaya ikan hias dirumah dan ini termasuk usaha yang bisa Anda jalankan saat masa pandemi ini.

Budidaya ikan hias memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa Anda pelajari atau lakukan. Hanya perlu belajar saja, maka Anda sudah bisa memulai usaha budidaya ikan hias.

Peluang usaha budidaya ikan hias sangat bagus dan bisa jadi pilihan tepat untuk Anda yang sedang mencari usaha di masa pandemi. Tak hanya demam tanaman hias, demam ikan hias juga melanda masyarakat di tengah wabah COVID-19 lho. Tentu saja jenis bisnis ini bisa mendatangkan untung besar dan cocok sekali dikelola di tengah pandemi.

4. Bisnis Dibidang Kuliner.

Anda pasti tahu, kalau makanan adalah salah satu kebutuhan pokok bagi semua makhluk hidup dan semua membutuhkan makan untuk bisa bertahan hidup. Bukan hanya faktor itu saja yang bisa menjadi bahan pertimbangan kita untuk memulai usaha kecil di bidang kuliner.

Meski bisa memasak, ada bahan masakan dirumah, namun yang namanya manusia terkadang ada juga rasa malas dan memilih untuk membeli daripada memasak sendiri. Itu sudah menjadi hal umum, dan ada juga sebagian yang mengatakan , daripada ribet membuat sendiri, lebih baik beli.

Nah, alasan tersebut bisa menjadi pertimbangan kita untuk memulai usaha tersebut. "Ya, usaha kecil menengah di bidang kuliner ini menjadi peluang usaha dimasa pandemi yang cukup menjanjikan untuk kita jalankan.

Agar usaha Anda bisa cepat berkembang, Anda manfaatkan media social sebagai alat untuk memasarkan usaha Anda dan menginformasikan usaha Anda ke para calon pembeli Anda. Dengan begitu, usaha Anda akan langsung menghasilkan dan memiliki pelanggan.

Banyak contoh usaha dibidang kuliner, Anda bisa memnaca artikel kami yang lainnya terkait usah dibidang kuliner yang menjanjikan saat pandemi ini.

5. Membuka Toko Klontongan/ Bisnis Kebutuhan Pokok. 


"Ya, menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok adalah salah satu usaha yang cukup menjanjikan, baik saat pandemi maupun hari-hari tanpa pandemi.

Ini dianggap sebagai salah satu sektor bisnis yang tahan terhadap krisis karena masyarakat membutuhkan pasokan bahan pokok termasuk makan dan minum dalam kondisi apapun bahkan kondisi serba sulit sekalipun. 

Modal relatif kecil, tenaga kerja tidak terlalu banyak, namun margin laba berpotensi besar dan perputaran arus kas cepat. 

Pebisnis bisa menjalankan strategi peningkatan omzet dengan berinovasi memanfaatkan online shop dan online delivery. 

Contoh bahan pokok yang bisa Sobat jual antara lain beras, gula pasir, garam, minyak goreng, perlengkapan kebersihan sehari-hari seperti sabun, sampo, dan sebagainya. 

Sedangkan beberapa contoh persediaan makanan yang bisa dijual antara lain frozen food, lauk-pauk homemade yang dikemas botolan, kue kering  dan juga minuman seperti kopi susu literan, dan lain-lain.


Semoga ini bisa memberikan ide untuk Anda yang ingin memulai usaha di masa pandemi. Harapannya, semoga masa pandemi ini segera berakhir dan kembali normal seperti biasanya. Terimakasih telah berkunjung ke situs kami!