Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

4 Jenis Makanan Yang Menyebabkan Jerawat Cepat Tumbuh Di wajah Anda

Aplikasichat.com - Jerawat sering dikaitkan dengan kulit berminyak atau masalah stres.  Namun, tahukah Anda bahwa ada makanan penyebab jerawat?  Nah, sebagai upaya mencegah munculnya jerawat, kenali dan batasi konsumsi berbagai jenis makanan yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat selanjutnya.

Jerawat adalah masalah kulit umum yang bisa muncul di bagian tubuh tertentu, seperti wajah, dada, atau punggung.  Jerawat ringan sampai berat dan menyerupai benjolan penuh kista dan nanah.

Pada umumnya jerawat disebabkan oleh perubahan kadar hormon, namun ada juga makanan yang bisa memicu timbulnya jerawat.  Jenis makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah, dan kemudian memicu peningkatan hormon insulin.

Ketika kadar insulin dalam tubuh meningkat, produksi minyak di kulit akan meningkat, sehingga lebih rentan menyebabkan jerawat.

Inilah Beberapa jenis makanan menyebabkan jerawat

Setidaknya ada empat jenis makanan yang dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat, yaitu.

1. Keripik kentang

Keripik kentang mengandung karbohidrat tinggi yang dapat menyebabkan peningkatan insulin dan glukosa dalam tubuh.  Selain keripik kentang, keripik dan roti juga kaya akan karbohidrat yang harus dihindari.

2. Makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman yang kaya gula, seperti kue manis, soda, dan jus buah yang dikemas dengan tambahan gula, juga dapat menyebabkan jerawat.  Hal ini karena kandungan glukosa yang cukup tinggi dapat memicu peningkatan insulin dan menyebabkan jerawat.

3. Makanan susu

Susu, keju, dan makanan olahan susu lainnya seperti es krim, meskipun kaya kalsium, dapat menyebabkan jerawat jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dipercaya juga bahwa asam amino yang terkandung dalam produk susu menyebabkan kelenjar sebaceous menjadi lebih aktif dan merangsang jerawat.

4. Makanan berminyak

Makanan berminyak biasanya mengandung lemak dan garam yang tinggi, seperti gorengan dan makanan cepat saji.  Kandungan lemak dapat mempengaruhi munculnya jerawat.

Selain itu, banyak yang percaya bahwa makanan pedas juga bisa menyebabkan jerawat.  Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa makanan pedas tidak berpengaruh pada jerawat.

Selain keempat jenis makanan di atas, banyak hal lain yang bisa menyebabkan jerawat.  Contohnya adalah obat-obatan tertentu, kadar hormon dalam tubuh dan stres.

Cara sehat menghindari jerawat

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat, antara lain:

jenis makanan menyebabkan jerawat


#. Pilih makanan yang sehat

Untuk menghindari jerawat, makan makanan sehat.  Kacang sering dianggap sebagai pemicu jerawat, tetapi kacang kaya akan omega-3, yang dapat mengurangi peradangan di sekitar kelenjar sebaceous.  Selain kacang-kacangan, ikan juga baik dikonsumsi untuk mencegah timbulnya jerawat.

# Jalani gaya hidup sehat

Tidur yang cukup dan olahraga teratur juga dapat mengurangi jerawat.  Jika Anda begadang, mulailah tidur lebih awal dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.  Sebuah penelitian menemukan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan stres hingga 15 persen.

Peningkatan stres dapat merangsang hormon kortisol yang dapat merusak struktur dan fungsi kulit.  Selain tidur yang cukup dan teratur, Anda juga harus melakukan olahraga karena olahraga dapat mengurangi stres.

# Perawatan dan pemeliharaan kulit bersih

Jerawat disebabkan oleh pori-pori tersumbat, sel kulit mati, minyak dan bakteri.  Hal ini biasanya terjadi karena kulit tidak dibersihkan secara teratur.  Oleh karena itu, penting untuk membersihkan wajah minimal 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

Namun, terkadang cuci muka saja tidak cukup.  Kamu harus melakukan Pembersihan ganda Untuk menghilangkan kotoran lebih optimal.  Selanjutnya, gunakan beragam produk seperti toner, pelembap, serum, dan tabir surya tergantung jenis kulit Anda.

Kulit yang sehat dan terawat tidak hanya mempengaruhi kesehatan tubuh tetapi juga penampilan.  Untuk menghindari jerawat, Anda perlu menjalani gaya hidup sehat dan membatasi asupan makanan penyebab jerawat.

Selain itu, jangan lupa penuhi kebutuhan cairan Anda dengan minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.  Dengan cara ini, kulit Anda akan tetap lembap dan tubuh Anda akan tetap sehat.

Baca Juga: 12 Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat Tanpa Ribet & Mahal

Namun, jika jerawat Anda tidak kunjung reda dan berlanjut atau semakin parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.